KATA
PENGANTAR
Makalah definisi komunikasi pemasaran ini bertujuan
untuk meningkatkan dan memberi pengetahuan lebih di bidang komunikasi
pemasaran. Selain itu kami juga
mengutarakan metode-metode, definisi, ruang lingkup, media komunikasi dalam
pemasaran.
Tujuan kami menyusun makalah ini sebagai pedoman
dari mata kuliah jurusan yang kami ambil yaitu management. Banyak orang
beranggapan seorang management itu hanya mengatur, mengontrol, dan merencanakan
sesuatu. Tetapi di dalam management kami juga membahas masalah tentang
komunikasi yang berguna sebagai pelengkap skill kami sebagai seorang management
Dan semoga makalah yang kami buat bermanfaat bagi
para pembacanya.
Jakarta, 8 oktober 2012
sekian
dan terimakasih,
bedugul
J
Komunikasi
pemasaran (bahasa Inggris: marketing communication)
adalah sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan
mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan
merek yang dijual. Komunikasi pemasaran mempresentasikan "suara"
perusahaan dan mereknya serta merupakan sarana dimana perusahaan dapat membuat
dialog dan membangun hubungan dengan konsumen.[1]Komunikasi pemasaran bagi konsumen, dapat memberitahu atau memperlihatkan kepada konsumen tentang bagaimana dan mengapa suatu produk digunakan, oleh orang macam apa, serta di mana dan kapan. Komunikasi pemasaran berkontribusi pada ekuitas merek dengan menanamkan merek dalam ingatan dan menciptakan citra merek serta emndorong penjualan dan bahkan mempengaruhi nilai pemegang saham.
Unsur
Dua unsur pokok dalam komunikasi pemasaran, yaitu:- Komunikasi : Proses dimana pemikiran dan pemahaman disampaikan antar individu, atau antar organisasi dengan individu. Komunikasi sebagai proses penyampaian pesan yang merupakan gagasan atau informasi pengirim melalui suatu media kepada penerima agar mampu memahami maksud pengirim.[2]
- Pemasaran : Sekumpulan kegiatan dimana perusahaan atau organisasi lainnya mentransfer nilai-nilai (pertukaran) tentang informasi produk, jasa dan ide antara mereka dengan pelanggannya.
Bauran Komunikasi Pemasaran
Bauran komunikasi pemasaran terdiri dari delapan model komunikasi utama, yaitu:[3]- Iklan : Adalah struktur informasi dan susunan komunikasi non personal yang dibiayai dan bersifat persuasif dan promosi tentang produk, jasa atau ide oleh sponsor yang teridentifikasi melalui berbagai macam media.
- Promosi penjualan : Berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong percobaan atau pembelian produk atau jasa.
- Acara dan pengalaman : Kegiatan dan program yang disponsori perusahaan yang dirancang untuk menciptakan interaksi harian atau interaksi yang berhubungan dengan merek tertentu.
- Hubungan masyarakat dan publisitas : Beragam program yang dirancang untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau produk individunya.
- Pemasaran langsung : Penggunaan surat, telepon, faksimile, e-mail, atau internet untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau meminta respon atau dialog dari pelanggan.
- Pemasaran interaktif : Kegiatan dan program online yang dirancang untuk melibatkan pelanggan dan secara langsung atau tidak langsung meningkatkan kesadaran, memperbaiki citra, dan menciptakan penjualan produk dan jasa.
- Pemasaran dari mulut ke mulut : Komunikasi lisan, tertulis, dan elektronik antarmasyarakat yang berhubungan dengan keunggulan atau pengalaman membeli atau menggunakan produk atau jasa.
- Penjualan personal : Interaksi tatap muka dengan satu atau lebih pembeli prospektif untuk tujuan melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan pengadaan pesanan.
Model Proses Komunikasi
Model Makro Proses Komunikasi
Model makro adalah model komunikasi yang terdiri dari sembilan elemen. Dua elemen sebagai pihak utama yaitu pengirim dan penerima. Dua elemen lainnya merepresentasikan alat komunikasi utama yaitu pesan dan media. Empat elemen merepresentasikan fungsi komunikasi utama yaitu penyandian, pengartian, respons, dan umpan balik. Elemen terakhir adalah gangguan yang dapat menganggu proses komunikasi.Model Mikro Respons Konsumen
Model mikro komunikasi pemasaran berkonsentrasi pada respons spesifik konsumen terhadap komunikasi. Ada empat model hirarki respons klasik yaitu AIDA, Hirarki Pengaruh, Inovasi-adopsi, dan Komunikasi. Semua model mengasumsikan bahwa pembeli melewati tahap kognitif, afektif dan perilaku.- Kesadaran : Jika sebagian besar konsumen sasaran tidak menyadari produk, tugas komunikator adalah membangun kesadaran dengan memperkenalkan produk dengan informasi awal seperti nama produk.
- Pengetahuan : Informasi lebih dalam mengenai produk. Konsumen sasaran mungkin memiliki kesadaran tapi tidak tahu banyak tentang produk. Pengetahuan sangat penting untuk diberikan kepada sasaran agar informasi yang dimiliki sasaran tentang produk menjadi lengkap.
- Rasa suka : Jika konsumen sasaran mengetahui merek, apa yang mereka rasakan tentang merek tersebut? Dalam hal ini komunikator harus bisa membangkitkan rasa suka konsumen sasaran terhadap produk.
- Preferensi : Konsumen sasaran mungkin menyukai produk, tetapi tidak lebih baik dibandingkan produk lain. Komunikator harus berusaha membangun preferensi konsumen dengan membandingkan kualitas, nilai, kinerja, dan fitur lain terhadap pesaing.
- Keyakinan : Komunikator harus membangun dan memperkuat keyakinan dan minat konsumen sasaran untuk membeli.
- Pembelian : Konsumen sasaran memiliki keyakinan dan minat yang kuat, namun tidak cukup tergerak untuk membeli.
Mengembangkan Komunikasi Efektif
Ada delapan langkah dalam mengembangkan komunikasi yang efektif.- Mengidentifikasikan pemirsa atau konsumen sasaran : menganalisa pembeli potensial produk perusahaan dan menetapkan target konsumen.
- Menentukan tujuan komunikasi : kebutuhan kategori, kesadaran merek, sikap merek, maksud pembelian merek.
- Merancang komunikasi : strategi pesan, strategi kreatif, sumber pesan, adaptasi global.
- Memilih saluran komunikasi.
2. Saluran komunikasi nonpribadi : komunikasi yang diarahkan ke lebih dari satu orang dan meliputi media, promosi penjualan, acara dan pengalaman, serta hubungan masyarakat.
- Menetapkan total anggaran komunikasi pemasaran : metode terjangkau, metode persentase penjualan, metode paritas kompetitif, metode tujuan dan tugas.
- Memutuskan bauran komunikasi pemasaran (marketing mix).
- Mengukur hasil komunikasi : mengukur dampak pesan yang dikomunikasikan terhadap konsumen sasaran dan umpan balik yang diterima.
- Mengelola proses komunikasi pemasaran terintegrasi : mengkoordinasikan media, mengimplementasikan IMC (Integrated Marketing Communication) atau komunikasi pemasaran terpadu.
Pengertian Pemasaran
By admin
Ketika saya mengadakan riset tentang apa yang dicari orang dalam internet, ternyata salah satunya adalah pengertian pemasaran, dan jumlah pencarinya juga lumayan banyak.Itu sebabnya saya coba membuat tulisan yang memuat tentang pengertian pemasaran, dengan harapan teman-teman sekalian mendapatkan apa yang kalian cari.
Terus terang ini hasil dari beberapa sumber yang sudah saya rangkum dan ambil garis besarnya. Semuanya kami dedikasikan untuk teman-teman yang membutuhkan dan tentunya pengunjung blog ini.
Berikut beberapa pengertian pemasaran yang saya dapatkan :
- Pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen. (by : Philip dan Duncan)
- Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen (by : H. Nystrom)
- Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan usaha perdagangan yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen (by : American Merketing Association)
- Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial (by : WY. Stanton)
DEFINISI KOMUNIKASI PEMASARAN MENURUT PARA AHLI.
Menurut WY. Stanton Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial. (Fundamental of marketing, 1997)
Menurut H. Nystrom Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
Menurut Philip dan Duncan Pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen. (pemasaran, 2001)
Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat / American Merketing Association Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan usaha pedagangan yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Menurut Organisasi.Org Marketing atau Pemasaran adalah suatu perpaduan dari aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk mengetahui kebutuhan konsumen serta mengembangkan promosi, distribusi, pelayanan dan harga agar kebutuhan konsumen dapat terpuaskan dengan baik pada tingkat keuntungan tertentu. Dengan adanya pemasaran konsumen tidak perlu lagi memenuhi kebutuhan pribadi secara sendiri-sendiri dengan melakukan pertukaran antara konsumen dengan pelaku pemasaran sehingga akan ada banyak waktu konsumen untuk kegiatan yang dikuasai atau disukai.
Menurut Kotler Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain. (manajemen pemasaran 2000)
Menurut Badroni Yuzirman (TDA Community) pemasaran adalah bagaimana merayu agar prospek tahu, tertarik dan membeli produk/jasa kita sesring dan sebanyak mungkin dan merekomendasikannya kepada prospek lain.
Menurut Annissa Wardani (TDA Community) Pemasaran adalah selalu berusaha mengetahui apa yang konsumen inginkan (dan butuhkan), kemudian membuat produk dan mempersuasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen produk tersebut, untuk membuat konsumen tertarik dan membeli produk kita.
George E. Belch dan Michael A. Belch, dalam buku Advertising & Promotion: an IMC Perspective, 2007:8 mengemukakan definisi konsep pemasaran sebagai fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk kreasi, komunikasi dan penyampaian nilai kepada para pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan yang memberikan manfaat bagi organisasi dan para pemangku kepentingan (stakeholders) yang memiliki hubungan erat dengan organisasi.
Menurut Alex S Nitisemito dalam buku Marketing, 1984 pemasaran adalah semua kegiatan yang bertujuan untuk memperlancar arus barang dan jasa dari produsen ke konsumen secara paling efisien dengan maksud menciptakan permintaan yang efektif.
Definisi Komunikasi Pemasaran Menurut Para Ahli
Menurut
Stanton yang dikutip oleh Djaslim Saladin dan
Yevis
Marti Oesman (1991;
194) Komunikasi Pemasaran adalah
kombinasi
dari penjualan tata muka, periklanan, promosi penjualan,
publisitas
dan hubungan masyarakat yang membantu pencapaian
tujuan
perusahaan.
Djasmin
Saladin (2001;
123) Komunikasi Pemasaran adalah
aktivitas
yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi
dan
membujuk atau mengingatkan pasan sasaran atas perusahaan
dan
produknya agar bersedia menerima, membeli loyal pada
produk
yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
Komunikasi
Pemasaran menurut Sofyan Assauri
(1996:243)
adalah “Kombinasi strategi yang paling baik dari unsurunsur
pnomosi
tersebut, maka untuk dapat efektifnya promosi
dilakukan
oleh suatu perusahaan, perlu ditentukan terlebih dahulu
peralatan
atau unsur promosi apa saja yang sebaiknya digunakan
dan
bagaimana pengkombinasian unsur-unsur tersebut agar
hasilnya
dapat optimal”.
William
G. Nickels
dalam bukunya Marketing Communication and Promotion (1984) mendefinisikan
komunikasi pemasaran sebagai berikut: proses pertukaran informasi yang
dilakukan secara persuasif sehingga proses pemasaran dapat berjalan secara
efektif dan efisien (Purba, dkk, 2006: 126).
Menurut Paul Smith , Chris Berry dan Alan Pulford
komunikasi pemasaran
adalah hubungan sistematis antara sebuah bisnis dan
pasarnya, dimana pelaku pasar
memasang beberapa ide-ide yang luas, desain-desain,
pesan-pesan, media, potonganpotongan,
bentuk-bentuk dan warna-warna, keduanya untuk
mengkomunikasikan ide-ide dan
untuk merangsang persepsi khusus tentang produk dan
layanan-layanan oleh individual
masyarakat yang telah dikumpulkan atau disatukan
kedalam sebuah target pasar.
Ruang Lingkup
Komunikasi pemasaran meliputi tiga
tujuan utama, yaitu untuk menyebarkan informasi (komunikasi informatif),
mempengaruhi untuk melakukan pembelian atau menarik konsumen (komunikasi
persuasif), dan mengingatkan khalayak untuk melakukan pembelian ulang
(komunikasi mengingatkan kembali). Secara garis besar, proses komunikasi pemasaran
dapat dijelaskan dalam gambar berikut:
Sumber : Tjiptono, 2002:219
Peran komunikasi pemasaran tergantung
pada produknya, namun
dalam penerapannya bertujuan untuk : menciptakan, memperkenalkan, menyerahkan segala hal yang memiliki value dari produsen kepada konsumen:
dalam penerapannya bertujuan untuk : menciptakan, memperkenalkan, menyerahkan segala hal yang memiliki value dari produsen kepada konsumen:
- Barang (makanan, minuman, kebutuhan kantor dsb)
- Jasa (bioskop, kantor pengacara, jasa pengiriman dll)
- Experience (Wahana Rama-Shinta, Sarana Terjun Payung dll)
- Event (Pekan Raya Jakarta, Ngaben, Olimpiade)
- Person (artis, olahragawan, public figure)
- Tempat (area wisata, museum, situs sejarah)
- Property (real estate, saham obligasi),
- Organisasi (YLKI, Parpol, Yayasan Pecinta Satwa),
- Informasi (ensiklopedia, film dokumenter, guides book, peta)
- Ide / gagasan (solusi terhadap pemecahan masalah, konsultansi)
Komunikasi pemasaran membahas beberapa
masalah yang memiliki kaitan erat dengan komunikasi dalam pemasaran, pokok
kajian pembahasan komunikasi pemasaran antara lain:
Strategi Komunikasi
Segmentasi Potensial
Perencanaan Media
Kreatif pesan dan Visual
Biaya Komunikasi dan Belanja Iklan
Riset Komunikasi Pemasaran
Konsep Bisnis Masa Depan
Sarana untuk melakukan komunikasi
pemasaran adalah bauran komunikasi pemasaran (marketing communication mix)
total sebuah perusahaan disebut juga bauran promosinya (promotion mix)
merupakan perpaduan khusus antara iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan,
dan hubungan masyarakat yang digunakan perusahaan untuk meraih tujuan iklan dan
pemasarannya (Sunarto, 2004:261).
KOMUNIKASI PEMASARAN
Kehadiran
media cetak dan elektronik telah menimbulkan sikap keseriusan bagi para
pengusaha,untuk selalu memperbaiki kualitas produk;Stategi komunikasi pemasran
(marketing communition) yang dapat menghindari perusahaan kerugian yang
disebabkan oleh promosi.yang tidak efisen dapat dimasukkan sebagai bagian dari
konsep bauran komunikasi pemasaran(marketing communication mix).
Adapun pemasaran
didefinisikan sebagai “Asocietal process by which individual and grup, dapat
dikatakan bahwa proses yang membentuk hubungan antara komunikasi induvidu atau
grup dalam menyanpaikan jenis-jenis produk;barang dan jasa.
Inti Dari
Komunikasi Pemasaran
Komunikasi pemasaran
membahas beberapa masalah yang memiliki kaitan erat dengan komunikasi dalam
pemasaran, pokok kajian pembahasan komunikasi pemasaran antara lain
- Strategi Komunikasi
- Segmentasi Potensial
- Perencanaan Media
- Kreatif pesan dan Visual
- Biaya Komunikasi dan Belanja Iklan
- Riset Komunikasi Pemasaran
- Konsep Bisnis Masa Depan
Proses Perencanan Komunikasi Pemasaran
Komunikasi pemasaran
dapat diidentifikasikan sebagai hal berikut:
- Mengidentifikasikan pasar dan kebutuhan konsuman atau persepsi konsumen.
- menggambarkan dan mengoperasionalkan gambar atau persepsi tujuan target group.
- Mengvaluasikan sejumlah perilaku yamh tergambar diyakini dapat mencapai tujuan.
Strategi mempromosikan
sebuah produk atau perusahan merupakan strategi pembangunanatribut yang akan
dan terus dikenal oleh konsumen.
Analis
Situasi ,Taktik,dan Strategi
Perusahaan yang
memikili dia atau lebih konsep strategi ,memungkinkan perusaahn tersebut
bertahan dalam persaingan yang semakin keras.Perusahan yang tidak memiliki
kerangak dan strategi cadangan dalam menghadapi para pesaing naru justeru akan
mengacam posisi produk mereka yang telah ada.
Tujuan lain dari analis
situasi,teknik dan strategi dalam komunikasi pemasaran adalah untuk memperoleh
dari konsumen (sebagai sumber utama).dimana pespon tersebut merupakan langkah
awal yang perusahan untuk bersikap positif.
Perencanaan
Komunikasi Penasaran
Perencanaan komunikasi
dalam komunikasi pemasran merupakan panduan mendasr yang penting untuk
membentuk kita dalam menyusun sebuah perencanaan strategi berdasarkan pandangan
komunikasi pemasaran. Perencanaan mungkin lebih penting dari sebuah dokumen
yang kita miliki. Setiap perencanaan dan eksekusi periklanan memilikinilai yang
kecil jika kita tidak menjaga di hadapan konsumen .
PEMASARAN
DAN PROMOSI
Pemasaran
Pada Era Informasi.
Kondisi saat ini
menempatkan kita ke dalam sebuah persaingan diantara dua paradikma yang saling
tarik menarik,yaitu era industeri disnis dan era informasi bisnis.
Terdapat tujuh Aspek
Dasar yang harus dicapai oleh organisai bisnis agar dapat bartahan dalam
kompetisi yang ketat saat ini:
- Konsumen tepat sasaran
- Kualitas penciptaan produk yang terbaik melalui perusahan teknologi terbaru
- Adanya diferentasi produk yang ditawarkan dengan pesaing .
- Positioning produk dan perusahaan sebagai penggerak pasar .
- Kacapatan dalam penetrasi pasr (local maupun interlokal)
- Sumbrt daya manusia dengan kualitas tertinggi dan mampu bekerja secara tim
- Kepentingan yang mamapu beradap tasi dalam kondisi yang selalu berubah –ubah
Perusahaan
yang memliki ke tujuh aspek tersebut dapat digolongkan kepada perusahan yang
memiliki kemampuan untuk bertahan pada masa saat ini.
Dukungan
Media (Media Support)
Dukungan media (Media
support) selalu dihubungkan dengan peluang keberhasialan bisnis,biaya dan
audience.dukungan media dapat juga disebut sebagai media alternative,media yang
tidak dapat diukur serta merupakan non traditional media .dukungan media –media
tersebut antara lain:
- Out Of Home Media
- Promotional Product marketing
- Yellow Pages
- Produt Placement
- Inflight Adertising dan
- Miscellaneous Media.
Publicity
dan Corporate Advertising
Publicity
Publicity (publisitas)
merupakan salah satu teknik yang sering digunakan dalam program publicity
relation,karena mampu menjangkau opini public yang dapat mendukung produk/jasa
serta membentuk suatu perceived quality dalam benak konsumen.
Untuk mempromosikan
produk special yang dapat membangkitkan kepercayaan terhadap produk ,dan
memperkuat imagenilai dari suatu produk kepada pelangan
khusus.publicity itu sendiri pada dasrnya merupakan pengembangan dari konsep
berita, yaitu:5 W +1 H(Who,What,Where,Why,What,dan How) hanya dalam
pemasarannya saja yang berbeda .penulisan berita 5W dijabarkan secara singkat
maka dalam publicity cenderung disajiakn lebih kompeleks dan detil.
Direct
Marketing
Diret Marketing adalah
:bagian dari program komunikasi pemasran .pasar tidak dapat dicapai apabila
kita hanya menggunakan salah satu cara atau medium saja. Kehadiran media masssa
dalam memenuhi keinginan industeri perlu diperoleh kesempatan untuk meraih
targert market sebesar-besarnya.dan menjangkau target yang tidak terjangkau
melalui metode atau teknuk markering.
Personnel
Selling
Personnel selling
adalah:improvisiasi dari penjualan dengan menggunakan komunikasi a
person to person communicatiom.Dalam marketing
communication,personal selling merupakan mitra penting dan tidak dapat
digantiakn dengan elemen promosi lainnya.
STRATEGI
KOMUNIKSI
Kehidupan manusia tidak
terlepas dari ruang lingkup komunikasi,manusia sebagai mahluk social,maka
dengan komunikasi tidak saja sebagai alat untuk kontak hubungan dengan antara
individu,namun komunikasi juga merupakan alat bagi manusia untuk bertahan
hidup.komunikasi memiliki kekuatan untuk melakukan seleksi terhadap berbagai
stimuli yang ada disekitarnya,stimuli yang akan dipilih dan stimuli tersebut
dapat memberikan rangsangan yang labih kuat.
Bentuk –Bentuk
Komunikasi
Komunikasi pemasran mix
antara lain adalah:
- Advertising
- Sales Promotion
- Publicity
- Personal selling dan
- Direct Selling
Dalam komunikasi dibagi
menjadi tiga bagian yaitu:Massa,Kelompok,dan Personal .masing –masing
kimunikasi dalam lingkup massa tersebut dianggap tidak saling mengenal satu
sama lainnya.sedangkan karekteritis personal adalh: pribadi dari satu orang
komunikasi yang langsung dan berinteraksi dengan komunikasi.komunikasi dibagi
menjadi dua bagian yaitu:
- Komunikasi massa
- Komunikasi kekompok
Bentuk
–Bentuk Media Komunikasi
Media
Komunikasi Antar personal
Perkembangan teknologi komunikasi
dan informasi telah memunculkan jenis media komunikasi yang mempu berinteraksi
secara personal atau kelompol.komunikasi dapat melakuakanpenelusuran berbagai
informasi yang menarik .
Tujuan
Komunikasi
Perubahan
Pengetahuan
Setiap tindakan yang kita
lakuakan diasdari atau tidak disadari memiliki tujuan tertentu dalam ari adanya
keinginan untuk memperoleh kepuasan yang ingin segeran dicapai secepatnya.
Otak manusia bekerja
dan berkembang sesuai rangsangan (stimuli) dari luar yang dihubungkan dengan
kebutuhan yang ada dalam diri seseorang.pentingnya perubahan pengetahuan dalam
strategi komunikasi pada tahap awal merupakan langkah positif dari sebuah
presesuntuk mengubah pengetahuan konsumen dimaksudkan untuk mengubah
pengetahuan komsumen yang yang dimaksud adalah:
- Mempekenalkan adanya penemuan baru.
- Mengiformasikan cara baru dalam memenuhi kebutuhan.
- Menggambarkan bagimana kepuasan tersebut dapat terpenuhi.
Tujuan
Komunikasi Pemasaran
Komunikasi pemasaran
bertujuan untuk mencapai tiga tahap perubahan yang ditunjukan kapada
konsumen.tahap pertama yang ingin dicapai dari strategi komunikasi pemasaran
adalah tapan perubahan khowledge(pengetahuan),dalam perubahan ini konsumen
mengetahui adanya keberadaan sebuah produk,tahapan kedua adalah perubahan sikap
dalam consumer behavior perubahan sikap ini ditentukan oleh tiga unsure yang
disebut oleh Sciffman dan Kanuk menunjukkan bahwa tahapan perubahan sikap
ditentukan dan conation(perilaku),jika tiga komponen ini menunjukkan adanya
kecenderungan terhadap sebuah perubahan (kognitif,afektif,dan konatif)
Konsemen Indonesia
setip saat berubah sedikit dengan sedit menuju sebuh tahapan yang
disebut”knowledge social”lebih berbahaya lagi setip perancang iklan yang
bermaksud membodoh-bodohi konsumen.perlu disadari bahwa batas-batasan etika ini
sebenarnya tidak bermaksud membatasi keratifitas ide,bankan memotivasi
terjadinya inovasi dan kreatifitas iklan yang lebih tinggi dan memantu para
kteatif untuk memberikan sebuah iklan.
STRATEGI
DAN PERENCANAAN KOMUNIKASI PEMASARAN
Segmentasi
Potensial
Sebuah produk
diciptakan untuk memenuhi sebuah kebutuhan atau mungkin mengangkat sebuah
keinginan menjadi sebuah kebutuhan baru.Beberapa perusahaan ,mengalami
kegagalan ketika menetapkan strategi segmentasi pasar,yang disebabkan oleh tidak
adanya hubungan yang cukup kuat antara produk yang ditawarkan dengan sasaran
produk (konsumen).
Fase
Kegiatan Komunikasi Pemasaran
Fase-fase kegiatan
komunikasi pemasaran merupakan acuan penting dalam menyusun strategi
promosi,terhadap tiga tahapan dari markering komunikasi yaitu:
- Pertama:segmentasi pasar
- Kedua:menentukan segmentasi (satu atau lebih) dengan produk yang spesifikasi atau bentuk promosi.
- Ketiga :Menentukan posisi produk sebagai suatau produk yang mampu memuasakan konsumen dengan cara yang berbeda (diferensasi)dari competitor yang diwujudkan dalam bentuk pesan yang khusus.
Segmentasi
Segmentasi pasar
dihubungkan bagi pengembang sebuah market melalui cara pemuasan yang
berbeda,kemampuan komunikasi pemasaran dalam pembagian segmentasi berpengaruh
terhadap media yang memiliki kedekatan.segmentasi diperoleh beberapa
asumsi-asumsi penting.khususnya dalam mementukan bentuk stimulasi yang kuat.
Sciffman dan Knuk
membagi komunikasi pemasaran dalam berbagai segmen ,yaitu sebagai berikut:
- Geografis
- Demografis
- Psikologi
Hubungan
Antara Asumsi Komunikasi dengan Kebutuhan ,Keinginan,dan Permintaan.
Need(keburuhan)
Needs, Maslow
menyebutkan adanya hirarki kebituhan yang terdiri dari lima tingkatan yang
dimulai dari kebutuhan yang paling utama,yaitu:kebutuhan phisik
seperti:makan,minum,pakaian dan tempat tinggal,kebutuhan yang harus dipenuhi
segara.kebutuhan lanjutan yangbterdiri dari kebutuhan akan rasa aman
,bersosalisasi,penghargaan diri,dan cinta,hingga pada kebutuhan yang terakhir
yaitu:akualisasi diri.
Wants(keinginan)
Wants adalah:sebuah
kebutuhan yang dijadikan referensi bagi konsumen.karena produk tersebut memilik
padanan produk pengganti,sebagai contoh:nasi merupakan cara orang Indonesia
menyelesaikan kebutuhan akan rasa lapar dan orang Amerika makan burger untuk
menyelesaikan rasa laper dan karean orang Amerika dan orang Indonesia ,maka
burger pun dapat dijadiaknan alat penyelesaian rasa laper.
Demand
(Permintaan)
Daya beli ternyata
bagian terkhir dari sebuah strategi marketing,mampun sebuah produk didapakan
sangat kuat,namun jika tidak didukung daya beli,produk tersebut seperti
mengawang-awang,tentunya hal ini telah dipertimbangkan oleh perusahaan .
PELUANG
PROMOSI DI MEDIA
Teori-teori
Media
Harlod D.Laswell
mengatakan bahwa cara yang baik untuk menjelaskan komunikasi ialah dengan
menjawab pertanyaan who says what,in which channel to whom,whit what effect,and
in which,channel,menunjukkan sebuah kegiatan komunikasi yang menggunakan
saluran –saluran komunikasi.Dalam proses komunikasi primer,komunikator dan
komunikan berharap langsung tanpa disela oleh objek lainnya atau tanpa media
,dan efek dari komunikasi dapat dengan diperoleh secara langsung.
Komunikasi
Non Media
Komunikasi non media
merupakan kegiatan komunikasi yang dijalankan oleh personal selling yaitu
antara sales dengan konsumen yang biasa terjadi secara tatap muka.komunikasi
non media merupakan proses komunikasi yang bersifat primer yang berlangsung
secara tatap muka komunikator dengan komunikakan.dalam konumikasi pemasaran
yang perlu diamati adalah sejuuh mana komunikasi primer ini memberikan efek
secara langsung atau tidak langsung terhadap tujuan dari markerting.
Komunikasi
Bermedia
Komunikasi bermedia
dalam lingkup komunikasi pemasaran seperti yang telah diungkapkan sebelum nya
bahwa media terbagi atas dua jenis media yaitu media massa dan nirmassa.kegiata
komuniksai membagi pengelompokan media atas tiga bagian yang ditunjukan kepada
massa,kelompok dan personal yaitu:
- Media massa:yang kemudian dibagi menjadi media massa elektonik dan media cetak
- Media Kelompok,dan
- Media Antar personal
Karakteritis
Media
- Mesia massa
- Media Elektronik
- Radio
- Tv
- Media Cetak
- Media Out of Home
- Media Komunikasi Kelompok
- Media Komunikasi personal
Dukungan
Biaya Promosi
Kaitannya dengan
efesiensi biaya marketing communication bahwa harus dperhatikan ,jika
perencanaan komunikasi pemasaran hanya terfokus kepada prioritas penggunaan
media sebagai saran promosi utama.perencanaan sebuah aktifitas komunikasi
pemasaran harus disesuakan dengan kemampun pembiayaan dan anggran yang
disediakan.anggaran komunikasi pemasaran akan menentukan apa saj yang akan
dibiayakan,segmentasi mana saja yang akan dituju.
Marketing
Information System (MIS) Data Base
Sumber informasi lain
yang berguana bagi seorang manaer dalam melakukan perencanaan kegiatan dan
biata mengacu kepada marketing information system(MSI) masalah penyebab
turunyan penjualan yang disebabkan oleh factor
internal,aksesibilitas,kualitas,produk,dan pesaing perusahaan.
Sales Report,merupakan
data penting yang harus diolah dengan melakukan suatau perbandingan kegitan
kimunikasi pemasaran yang dilakuakan sebelumnya.
MANAJEMEN
BRAND
Pengertian
Dari Brand
Brand dapat kita sebut
dengan pelabelan,brand memiliki kekuatan untuk membentuk penjualan.istilah
brand muncul ketika persaingan produk semakin tajam menyebabkan perlunya
pengutan peran labek untuk mengelompokan produk-produk dan jasa yang memiliki
nya dalam satu kesatuan.
Brand dan
Mitos kepuasa
Tidak semua merek-merek
terkenal diluar negari mamapu menguasai pasar Indonesia,khususnya di Indonesia
bahwa setip produk yang memikili label berbahasa asing dengan tulisan MADE
IN…..selalu dinggap merek yang mampu memberikan jaminan kepuasan dengan alas an
produk rumit dan hati-hati sehinga memberiakan hasil yang lebih baik dan lebih
kuat.
Manajemen
Brand
- Brand Campaign
- Brand Recognition
- Brand Preference
- Brand Insistance
- Lovely Brand/Brand Satift.
Kreatifitas
pesan dan visual
Aplikasi
Komunikasi Pemasaran
Dengan menggunakan
media inti bahwa (below the line) maupun lini atas (above the line)ditentukan
oleh strategi pesan dan visual yang disajiakn .Tujuan promosi ditunjukan untuk:
- Awareness,merupakan kesadaran keberadaan sebuah produk atau jasa baru.
- Khowledge,memberikan informasi yang dibutuhkan atas pengguanaan sebuah produk atau jasa.
- Likeability,menumbuhkan kesatuan terhadap penampilan pesan
Proses penyanpaian
pesan dalam komunikasi kedelapan tujuan promosi dibagi dalam tiga tahapan
perubahan sikap,yaitu:
- Conative(awareness,dan knowledge)
- Attitude(likeability ,beriveing,dan image)
- Cognitive(motivation,remembering,dan loyality)
Keberadaan sebuah
produk atau jasa dan juga fungsi sebuah produk /jasa perubahaan sikap
ditunjukan untuk merubah sikap.
Stimulasi
Pesan
Stimulasi pesan dibagi
menjadi beberapa karakter yaitu:
- Like or Dislike
- Sensation
- Intensity
- Absolut Threshold dan Differentisl Threshold(J. N.D)
- Perceptual Selection
Strategi
Menarik Perhatian Konsumen dan Persepsi Konsumen Terhadap Sajian Iklan
Seperti dikatakan
sebelumnya bahwa sebuah iklan yang efektif memiliki kemungkinan terbesar
terjadi sebuah pembelian ,stimulasi yang akan direncanakan dengan melakukan
berbagai penelaahan dan pemilihan bentuk advertising seperti:
- Pesan Verbal dan non verbal
- Bahasa dalam Periklanan
- Soun Efek dan Visual Efek
- Habituate
- Teknik membangkitkan Motivikasi Konsumen
Simbol
warna Dalam Visual Komunikasi
Dalam beberapa kasus
,sebuah produk atau brand diasosiasiakn ke dalam warna spesifikai dalam
kerangak konotasi kesukaan individi/pribadi.maka tidak heran jika warna ini
akan berbeda antara sat kelompok dengan kelompok lainnya.namun juga memberikan
cirri-ciri kemakmuran atau harapan akan munculnya rezeki yang berlimpah.negitu
banyak persepsi individu terhadap asosiasi warna menyebabkan penggunaan warna
pada elemen visual menjadi penting.
PERENCANAAN
BIAYA KOMUNIKASI PEMASARAN
Biaya
Komunikasi
Dalam kegiatan bisnis
sebagaimana kegiatan ekonomi dikenal adanya konsep biaya operasioanal
(opportunity cost).konsep tersebut menjelaskan bahwa terdapat lebih dari satu
penggunaan atau pemanfaatan sumberdaya perusahaan.
Sumberdaya yang
dimiliki oleh perusahaan antara lain:uang(money),manusia (man),kemapuan
manajemen (managerial skill) ,dan waktu(time).artinya bila sumberdaya unang
dipakai untuk kegiatan x (promosi ,misalnya)maka uang tersebtu sesungguhnya
dapt dimafaatkan tidak hanya ditunjukan bagi kegiatan promosi saja.
Inti dari konsep biaya
opportunitas adalh pemanfaatan secara optimal,efektif dan efisien dari seluruh
sumber daya perusahaan.
Strategi
Penentuan Komunikasi Pemasaran Budget
Jenis–jenis
Anggaran
Dalam penetapan
anggaran biaya promosi ,beberapa item yang harus tersedia adalah:
- Personal
- Aktifitas
- Quality Control
Strategi
Kampanye
Perencanaan
Kampanya Periklanan
Tujuan penyampaian
pesan pada strategi kampanye dalam komunikasi pemasaran adalah untuk memberikan
informasi mengenai new performance,new service,new product dan
benefit.penyampaian pesan informasi tersebut diharapkan dapat merubah
pengetahuan dan refensi public terhadap produk dan perusahaan.
RISET
KOMUNIKASI PEMASARAN
Riset Pemasaran Sebagai
Dasara Dari Perencanaan Komunikasi Pemasaran
Sebuah perusahaan besar
biasanya memilki departemen yang menangani riset marketing.mereka bertugas
untuk memeperoleh sejumlah informasi penting yang dibutuhkan seperti riset
pasar yang meliputi informasi tentang tingkat kepentingan konsumen terhadap
produk,
Riset Dalam
Komunikasi Pemasaran
Perencanaan riset dalam
komunikasi pemasaran ditujikan untuk memberikan gambaran atau sebuah proyeksi
mengenai sesuatu kejadian atau ramalan terhadap suatu perubahaan yang akan
muncul pada massa yang akan datang .Dalam Komunikasi pemasaran ,riset yang
dibutuhkan terbagi dalam empat kelompok riset yaitu:
- Riset Perilaku
- Riset Media
- Riset Efektifikasi Iklan ,dan
- Riset Kompetitif
Competitive
Intellignt dalam Strategi Memposisikan Brand
Fungsi intelijen adalah
mengkaji kekuatan para pesaing dan kekuatan ekstetnal dengan maksud untuk
menyampaikan perusahaan menghadapi keadaan dan kondisi dikemudian hari.strategi
pesan merupakan penciptaan pontensi keuntungan masa dapan (igon anshoff)pentingnya
intelijen kompetitif ini adalah untuk membentuk komunikasi pemasran untuk
menganalisa perkembangan lingkungan bisnis yang ada disekitarnya.
Monitoring
Kegiatan Direct Selling Dan Event Management
Monitoring
Kegiatan Promosi
Ketika manajer,komunikasi
pemasran ,wajib melaksanakan kegiatan monitoring terhadap berbagai kegiatan
promosi yang telah dijalankan .monitoring direct selling khususnya dalam
penggunaan media-media komunikasi personal (marketing kits)ditunjikan untuk
memperoleh informasi dari salesengenai kendala-kendala dalam menjelaskan produk
kepada konsumen atau ada beberapa informasi yang dibutuhkan oleh
konsumen.pengambilan keputusan atas beberapa masalh yang dihadapi
tersebut,biasanya disediakan anggaran 10% hingga 20%untuk mengatasi berbagai
masalah atau kendala,perusahaan maupun oleh pesaing ,dan jika dana anggaran
cadangan tidak tersedia atau tidak teranggarakan,hal ini tidak dapat dipungkiri
bahwa perusahaan bias terjadi ka[pan saja,ketidaktanggapan manajer berakibatkan
fatal yaitu kehilangan sebagian pangsa pasarnya.
KOMUNIKASI
PEMASARAN MASA DEPAN
Dampak
Promosi Terhadap Pengembangan Pasar
Strategi pengembangan
pasar dan penciptan peluang pasar membutuhkan sedikit pemikiran yang
berbeda.Konsemen sangat tertarik pada harga dan kualitas barang.sterategi
pencipta peluang pasr merupakan strategi yang berbeda. Hubungan timbal Balik
antara komuniksai Pemasaran dan Relationship Marketing
Perlunya penerapan
konsep relationship marketing yang dipadukan dengan konsep marketing
communication ditunjukan untuk memperkuat pemposisian perusahaan dan
produk/servis yang dimiliki oleh perusahaan dengan grup-grup
bisnis.Relationship marketing commucation hanya dapat berjalan mulus jika
dengan standarilasi product,behavior dan atmosphere dalam lingkungan perusahaan
lebih baik .untuk membangun posisi tertinggi dipasar ,pertama:perusahaan harus
membanguan hubungan yang kuat,kedua mereka harus mendapatkan keuntungan dari
industeri infastruktur dimana kuncinya adalah orang-orang dan perusahaan yang
telah menjadikan industeri itu menjadi lebih kuat.
Tujuan dari
relationship Marketing ini adalah untuk membangun infrastuktur pasar yang
kuat,membangun suasana keakrapan dan terjalinnya hubungan yang lebih luas,
menstransfer pengetahuan tentang produk dan perusahaan (positioning a product
and corporate),pemasaran yang lebih sederhan (simple)untuk mempermudah
pendistribusian,efesien,dan konsentarasi pemasaran yang lebih efektif.
0 komentar:
Posting Komentar