Home » » MASALAH KOMUNIKASI KELOMPOK

MASALAH KOMUNIKASI KELOMPOK

Written By Unknown on Selasa, 25 September 2012 | 02.59


PENDAHULUAN & STUDI KASUS MASALAH
Komunikasi merupakan aktivitas utama manusia ,melalui komunikasi manusia dapat bergaul dengan sesama misalnya pergaulan dalam keluarga,lingkungan keluarga,sekolah,tempat kerja,organisasi sosial dan lain-lain.oleh karena itu manusia disebut makhluk sosial. Salah Satu bentuk komunikasi antar manusia terjadi dalam organisasi. Komunikasi terdiri dari 3 wujud . pertama ,komunikasi kebawah (downward communication) yaitu komunikasi dari pimpinan perusahaan kepada karyawan . kedua,komunikasi ke atas (upward communication) yaitu komunikasi dari pihak karyawan kepihak manajemen. Ketiga,komunikasi sejajar (horizontal communication) komunikasi yang terjadi diantara karyawan didalam suatu organisasi.
Komunikasi atasan bawahan inisangat penting dalam organisasi karena dapat membawa pengaruh yang besar terhadap organisasi. Meskipun komunikasi atasan bawahan dapat memberikan dampak yang sangat besar bagi kelangsungan suatu organisasi,namun komunikasi atasan dan bawahan sering mendapat perhatian yang kurang dari pelaku organisasi. Seringkali para pelaku organisasi hanya melihat terjadi penurunan baik dalam kinerja karyawan yang pada akhirnya menyebabkan penurunan produktifitas organisasi.
Secara prinsip dasar, komunikasi adalah proses dimana terjadi hubungan antara pihak pemberi pesan dengan maksud dan tujuan untuk menyampaikan suatu ide,konsep,perasaan performance kepada pihak penerima pesan dan saling berinteraksi diantaranya sehingga dapat tercipta suatu bobot dan relevansinya. Sedangkan tujuan kita berkomunikasi dengan orang lain adalah menyampaikan ide atau maksud,menilai,mengadakan umpan balik dan proses meyakinkan rekan bicara.
Tidak jarang kita temui permasalahan komunikasi didalam perusahaan entah antar departemen,rekan kerja,atau antara dan bawahan. Kebanyakan disebabkan oleh tidak adanya titik temu berbagai pihak,komunikasi yang berjalan lambat,bahkan lebih berbahaya jika komunikasi yang disimpangkan sehingga membuat tim menjadi berantakan. Tentunya hal ini kita memerlukan kemampuan organisasi yang baik dan efektif untuk menyelesaikan hambatan komunikasi yang terjadidalam perusahaan. Sebenarnya tidak hanya peran sebagai praktisi HRD yang mesti punya kemampuan yang mampu dalam masalah komunikasi tetapi posisi apapun didalam organisasi atau perusahaan harus memiliki kemampuan tersebut. Munculnya Masalah Dalam Komunikasi
Konflik dalam perusahaan juga sering terjadi antar karyawan, hal ini biasanya terjadi karena masalah diluar perusahaan, misalnya tersinggung karena ejekan, masalah ide yang dicuri, dan senioritas. Perusahaan yang baik harus bisa menghilangkan masalah senioritas dalam perusahaan. Hal ini dapat meminimalisir masalah yang akan timbul, kerena dengan suasanya yang harmonis dan akrab maka masalah akan sulit untuk muncul.
PAGE 2
PENGERTIAN KOMUNIKASI KELOMPOK
Komunikasi kelompok adalah komunikasi yang berlangsung antara beberapa orang dalam suatu kelompok “kecil” seperti dalam rapat, pertemuan, konperensi dan sebagainya (Anwar Arifin, 1984). Michael Burgoon (dalam Wiryanto, 2005) mendefinisikan komunikasi kelompok sebagai interaksi secara tatap muka antara tiga orang atau lebih, dengan tujuan yang telah diketahui, seperti berbagi informasi, menjaga diri, pemecahan masalah, yang mana anggota-anggotanya dapat mengingat karakteristik pribadi anggota-anggota yang lain secara tepat. Kedua definisi komunikasi kelompok di atas mempunyai kesamaan, yakni adanya komunikasi tatap muka, dan memiliki susunan rencana kerja tertentu umtuk mencapai tujuan kelompok.
Kelompok adalah sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama, mengenal satu sama lainnya, dan memandang mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut (Deddy Mulyana, 2005). Kelompok ini misalnya adalah keluarga, kelompok diskusi, kelompok pemecahan masalah, atau suatu komite yang tengah berapat untuk mengambil suatu keputusan. Dalam komunikasi kelompok, juga melibatkan komunikasi antarpribadi. Karena itu kebanyakan teori komunikasi antarpribadi berlaku juga bagi komunikasi kelompok.

BAB II
PAGE 1
Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya masalah komunikasi dalam kelompok :
1. Masalah dalam Mengembangkan pesan
Sumber masalah dalam mengembangkan suatu pesan adalah dalam memformulasikan suatu pesan. Masalah dalam mengembangkan suatu pesan seperti munculnya keraguan tentang isi pesan, kurang terbiasa dengan situasi yang ada atau masih asing dengan audiens, adanya pertentangan emosional atau kesulitan dalam mengekspresikan ide atau gagasan. Jika sesorang menglami keraguan dalam menyampaikan suatu pesan maka ada keendrungan seseorang akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan pesan lebih lanjut. Jika seseorang gagal dalam mengembangkan pesan, proses komunikasi akan dimulai dengan sesuatu yang salah, yang pada akhirnya akan membawa kegagalan yang berkelanjutan.
2. Masalah dalam Menyampaikan Pesan
Masalah yang paling jelas disini adalah faktor fisik seperti kesalahan pada sambungan kabel pada sound system, kualitas suara yang kurang baik, lampu yang tiba-tiba padam, salinan surat yang tak terbaca dan lain-lain. Masalah lain dalam menyampaikan suatu pesan adalah bila dua buah pesan yang disampaikan mempunyai arti yang saling berlawanan atau bermakna ganda. Masalah serupa juga akan muncul jika pesan disampaikan melalui saluran penghubung yang cukup panjang.
3. Masalah dalam Menerima Pesan
Masalah yang muncul dalam menerima suatu pesan antara lain adanya persaingan antara penglihatan dengan suara, kursi yang tidak nyaman, lamou yang kurang terang, dan kondisi lain yang dapat mengganggu konsentrasi penerima. Masalah lain juga bisa muncul akibat kondisi kesehatan yang kurang baik.
4. Masalah dalam Menafsirkan Pesan Masalah yang muncul dalam menafsirkan isi pesan disebabkan oleh beberapa hal yaitu :
·         Perbedaan Latar Belakang Bila pengalaman hidup penerima secara mendasar berbeda dengan pengirim pesan, komunikasi menjadi semakin sulit. Perbedaan usia, pendidikan, jenis kelamin, status sosial, kondisi ekonomi, latar belakang budaya, tempramen, kesehatan, popularitas ataupun agama dapat mempersulit atau mengganggu proses komunikasi.
·         Perbedaan Penafsiran Kata Perbedaan penafsiran kata sering terjadi karena majemuknya latar belakang budaya yang ada.
·         Perbedaan Reaksi Emosional Seseorang mungkin bereaksi secara berbeda terhadap kata yang sama pada keadaan yang berbeda. Suatu pesan yang jelas dapat diterima di suatu kondisi akan dapat membingungkan dalam situasi yang berbeda. Hal ini tergantung pada hubungan emosional antara penerima dengan pengirim pesan. Setiap pesan paling tidak mengandung dua hal yaitu dalam artian isi yang berkaitan dengan subjek suatu pesan dan dalam artian hubungan yang memberikan sifat suatu interaksi antara pengirim dan penerima pesan.
Share this article :

3 komentar:

  1. hallo.. sy mau nanya bagian 2 mengenai hambatan yang dapat terjadi dalam kom. kelompok itu dapat dari buku mana ya?? thanks

    BalasHapus
  2. hallo,, sory baru balas yah.. saya sibuk dengan tugas kuliah akhir" ini.. oke,, itu saya dapat dari studi kasus saat googling dan survey dengan teman" kampus saya.. dan saya pakai buku refrensi pengantar ilmu komunikasi.. penerbitnya saya lupa.. krn itu tugas semester 1.. hehehe.. silakan googling aja ya.. sukses.. Gbu

    BalasHapus
  3. Hallo ..
    Saya mau tanya tentang contoh masalah komunikasi dalam kelompok

    BalasHapus