A. AKREDITASI
Jurusan
Manajemen Pendidikan (MP) memiliki Akreditasi A berdasarkan Keputusan
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departeman Pendidikan Nasional
Republik Indonesia No. 020/BAN-PT/Ak-X/S1/IX/2007
B.
GELAR LULUSAN
Gelar
yang diperoleh dari lulusan program studi ini adalah Sarjana Pendidikan
(S.Pd.)
C.
TUJUAN
- Menghasilkan manajer yang
mampu melaksanakan tugas-tugas bidang manajemen pada instansi dan
lembaga pendidikan serta lembaga pengembangan sumber daya manusia yang
dilandasi oleh etika dan nilai-nilai luhur budaya Indonesia.
- Menghasilkan staf pengelola
pendidikan di kantor-kantor pendidikan formal dan non formal
- Menghasilkan tenaga
administratif (tatausaha) pada pendidikan formal dan non formal
D.
KOMPETENSI
1.
Standar Kompetensi Lulusan
- Memiliki dan menguasai
pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk melakukan penelitian dan
pengkajian bidang manajemen pendidikan
- Memiliki dan menguasai
pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melakukan pekerjaan bidang
manajemen pendidikan yang mencakup aspek: peserta didik, ketenagaan,
kurikulum, sarana, keuangan, dan hubungan masyarakat, serta mampu
membangun kerjasama tim yang baik, komunikatif, adaptif, tangguh, ulet,
kompetitif, inovatif, kreatif yang berlandaskan etika nilai-nilai luhur
budaya Indonesia
2.
Kompetensi utama
a.
Kompetensi Pedagogik
- Memahami landasan dan
filsafat ilmu pendidikan
- Memahami berbagai teori
belajar, prinsip-prinsip pembelajaran, dan metodologi pembelajaran.
- Menguasai manajemen
pembelajaran
b.
Kompetensi Kepribadian
- Memiliki sikap dan perilaku
sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional
Indonesia
- Menampilkan diri sebagai
pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa
- Menunjukkan etos kerja,
tanggung jawab yang tinggi, dan rasa percaya diri.
- Menjunjung tinggi kode etik
profesi
c.
Kompetensi Sosial
Mampu membangun kerjasama tim yang baik, mampu berkomunikasi dan beradaptasi
dalam sistem nilai yang berkembang di tengah masyarakat.
d.
Kompetensi Profesional
- Menguasai materi keilmuan
yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan bidang
manajemen pendidikan.
- Mampu merencanakan,
mengorganisasikan, memimpin, mengendalikan dan menilai aspekaspek
peserta didik, ketenagaan, kurikulum, sasaran, keuangan dan hubungan
masyrakat.
- Mampu mengaplikasikan nilai,
konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu manajemen pendidikan dalam
konteks peningkatan mutu pendidikan Indonesia dan dinamika kehidupan
global.
- Mengembangkan materi, struktur,
dan konsep keilmuan manajemen pendidikan.
|
0 komentar:
Posting Komentar