Home » » Cara memodifikasi tampilan Header blogger

Cara memodifikasi tampilan Header blogger

Written By Unknown on Senin, 07 Januari 2013 | 04.40

Mungkin sobat merasa kurang puas dengan tampilan judul header sidebar blog sobat. Kurang inilah, kurang itulah, terlalu gelaplah, atau warnanya kurang menarik. Atau, mungkin pula background pada title sidebar terlalu mengganggu dan ingin dihilangkan. Tips berikut mungkin bagi sobat yang sudah pernah mengutak-utik CSS (intermediate), namun tidak ada salahnya pula bagi sobat newbie blogger untuk mempelajari CSS dengan memulainya dari mengubah aturan CSS pada judul sidebar.

Di Blogger, seperti pada web pada umumnya, seluruh tampilan diatur dengan CSS. So, begitu pula dengan judul sidebar, tampilannya diatur dengan CSS melalui properti dan declarator tertentu. Sebelumnya kita ambil poin penting pada perintah CSS header. CSS header memiliki deklarator sama seperti kode HTML (<h1>judul</h1>), yaitu h. Karena merupakan header, judul sidebar pun mengandung deklarator h.

Judul header sidebar biasanya merupakan jenis header level 2 , yaitu <h2>judul</h2>. Maka, mula-mula pada edit HTML/template Blogger, carilah aturan CSS yang mengandung h2, yaitu bagian CSS yang mengatur seluruh header blog level 2. Aturan CSS berada di antara <b:skin><![CDATA[ dan ]]></b:skin>.
Contoh sederhananya:
h2 {
background: #000;
margin:4px;
padding: 5px;
color: #f0f0f0;
line spacing: 1px;
line-height: 13px;
border: 1px solid #fff;
}
Tentunya aturan tersebut berbeda-beda pada masing-masing template Blogger.

Sebelum berfokus pada pengubahan tampilan header sidebar, perlu diketahui bahwa h2 mengatur seluruh tampilan header blog pada level 2. Sedangkan bagian CSS yang mengatur sidebar secara keseluruhan biasanya dinamai sidebar-wrapper (atau sejenisnya, misal sidebarwrapper, dll, cari yang mirip), maka judul pada sidebar-wrapper biasanya pula ditandai dengan deklarator dengan id-nya, yaitu #sidebar-wrapper h2.
Contoh:
#sidebar-wrapper h2 {
background: #000;
margin:4px;
padding: 5px;
color: #f0f0f0;
line spacing: 1px;
line-height: 13px;
border: 1px solid #fff;
}
Pada template tertentu, misalnya minima template, aturan CSS ini tidak ada, maka sobat harus menambahkan sendiri. Nantinya, buat terlebih dahulu lalu letakkan h2 atau #sidebar-wrapper h2 di antara <b:skin><![CDATA[ dan ]]></b:skin>. Jika tidak ada #sidebar-wrapper (atau sejenisnya; yaitu elemen wrapper pada sidebar), maka gunakan saja h2.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar