POSISI TABUNGAN PADA BANK UMUM MENURUT JENIS TABUNGAN (miliar rupiah),
2007-2011
RINCIAN
|
2007
|
2008
|
2009
|
2010
|
2011
|
|||||
Tabungan yang penarikannya dapat
dilakukan sewaktu-waktu
|
|
|
|
|
|
|||||
|
Jumlah rekening
|
|
|
|
67200
|
69267
|
71544
|
75518
|
89495
|
|
|
Posisi
|
|
|
|
325564
|
426809
|
480636
|
580423
|
683804
|
|
|
|
|||||||||
Tabungan berjangka
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Jumlah rekening
|
|
|
1022
|
1392
|
1785
|
2376
|
2552
|
||
|
Posisi
|
|
|
|
7398
|
9451
|
13386
|
17695
|
23364
|
|
|
|
|||||||||
Tabungan Lainnya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Jumlah rekening
|
|
|
640
|
440
|
527
|
497
|
1097
|
||
|
Posisi
|
|
|
|
1417
|
9108
|
1958
|
12585
|
25888
|
|
|
|
|||||||||
Jumlah Total
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Jumlah rekening
|
|
|
|
68862
|
71099
|
73857
|
78391
|
93144
|
|
|
Posisi
|
|
|
|
334379
|
439368
|
495980
|
610703
|
733056
|
POSISI
TABUNGAN PADA BANK UMUM MENURUT JENIS TABUNGAN (miliar rupiah), 2007-2011
No.
|
Komoditi
|
2007
|
2008
|
2009
|
2010
|
2011
|
||||||
1
|
Padi-padian
|
953.16
|
968.48
|
939.99
|
927.05
|
919.1
|
||||||
2
|
Umbi-umbian
|
52.49
|
52.75
|
39.97
|
37.05
|
43.49
|
||||||
3
|
Ikan
|
46.71
|
47.64
|
43.52
|
45.34
|
47.83
|
||||||
4
|
Daging
|
41.89
|
38.6
|
35.72
|
41.14
|
44.71
|
||||||
5
|
Telur dan susu
|
56.96
|
53.6
|
51.59
|
56.2
|
55.97
|
||||||
6
|
Sayur-sayuran
|
46.39
|
45.46
|
38.95
|
38.72
|
37.4
|
||||||
7
|
Kacang-kacangan
|
73.02
|
60.58
|
55.94
|
56.19
|
54.17
|
||||||
8
|
Buah-buahan
|
49.08
|
48.01
|
39.04
|
40.91
|
39.44
|
||||||
9
|
Minyak dan lemak
|
246.34
|
239.3
|
228.35
|
233.39
|
232.03
|
||||||
10
|
Bahan minuman
|
113.94
|
109.87
|
101.73
|
100.29
|
97.69
|
||||||
11
|
Bumbu-bumbuan
|
17.96
|
17.11
|
15.61
|
16
|
16.14
|
||||||
12
|
Konsumsi lainnya
|
70.93
|
66.92
|
58.75
|
59.18
|
59.7
|
||||||
13
|
Makanan jadi
|
246.04 *)
|
289.85 *)
|
278.46*)
|
273.84*)
|
304.35*)
|
||||||
14
|
Minuman beralkohol
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||||||
15
|
Tembakau dan sirih
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
||||||
JUMLAH
|
2,014.91
|
2,038.17
|
1,927.63
|
1,925.61
|
1,952.01
|
|||||||
Sumber:
|
||||||||||||
Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) , Modul
Konsumsi 1999, 2002 dan 2005 (Data Susenas tahun 2003, 2004 dan 2006
|
||||||||||||
hanya mencakup panel 10.000 rumahtangga,
sedangkan data tahun 2007, 2008, 2009 dan 2010 mencakup panel 68.800
rumah tangga).
|
||||||||||||
Untuk tahun 2011 merupakan merupakan data Susenas
Triwulan I (Maret 2011) dengan sampel 75.000 rumah tangga.
|
||||||||||||
Catatan : *) Termasuk minuman beralkohol
|
||||||||||||
Lapangan Usaha
|
2004
|
2005
|
2006
|
2007
|
2008
|
2009
|
2010*
|
2011**
|
1. Pertanian, Peternakan, Kehutanan &
Perikanan
|
329,124.6
|
364,169.3
|
433,223.4
|
541,931.5
|
716,656.2
|
857,196.8
|
985,448.8
|
1,093,466.0
|
a. Tanaman Bahan Makanan
|
165,558.2
|
181,331.6
|
214,346.3
|
265,090.9
|
349,795.0
|
419,194.8
|
482,377.1
|
530,603.7
|
b. Tanaman Perkebunan
|
49,630.9
|
56,433.7
|
63,401.4
|
81,664.0
|
105,960.5
|
111,378.5
|
136,026.8
|
153,884.7
|
c. Peternakan
|
40,634.7
|
44,202.9
|
51,074.7
|
61,325.2
|
83,276.1
|
104,883.9
|
119,371.7
|
129,578.3
|
d. Kehutanan
|
20,290.0
|
22,561.8
|
30,065.7
|
36,154.1
|
40,375.1
|
45,119.6
|
48,289.8
|
51,638.1
|
e. Perikanan
|
53,010.8
|
59,639.3
|
74,335.3
|
97,697.3
|
137,249.5
|
176,620.0
|
199,383.4
|
227,761.2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pertambangan & Penggalian
|
205,252.0
|
309,014.1
|
366,520.8
|
440,609.6
|
541,334.3
|
592,060.9
|
718,136.8
|
886,243.3
|
a. Pertambangan Minyak dan Gas Bumi
|
118,484.9
|
177,605.9
|
200,081.6
|
234,162.4
|
283,283.3
|
254,947.9
|
288,894.0
|
383,275.3
|
b. Pertambangan Bukan Migas
|
65,122.4
|
104,599.1
|
130,716.0
|
160,267.1
|
195,286.3
|
254,242.7
|
332,970.0
|
393,758.0
|
c. Penggalian
|
21,644.7
|
26,809.1
|
35,723.2
|
46,180.1
|
62,764.7
|
82,870.3
|
96,272.8
|
109,210.0
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Industri Pengolahan
|
644,342.6
|
760,361.3
|
919,539.3
|
1,068,653.9
|
1,376,441.7
|
1,477,541.5
|
1,595,779.4
|
1,803,486.3
|
a. Industri Migas
|
94,263.4
|
138,440.9
|
172,094.9
|
182,324.3
|
237,771.6
|
209,841.1
|
211,139.0
|
249,437.4
|
1). Pengilangan Miyak Bumi
|
59,062.0
|
89,629.6
|
117,952.2
|
122,118.3
|
145,942.6
|
129,455.7
|
122,403.0
|
129,934.3
|
2). Gas Alam Cair (LNG)
|
35,201.4
|
48,811.3
|
54,142.7
|
60,206.0
|
91,829.0
|
80,385.4
|
88,736.0
|
119,503.1
|
b. Industri Bukan Migas
|
550,079.2
|
621,920.4
|
747,444.4
|
886,329.6
|
1,138,670.1
|
1,267,700.4
|
1,384,640.4
|
1,554,048.9
|
1). Industri Makanan, Minuman dan Tembakau
|
163,553.7
|
177,753.1
|
212,738.0
|
264,100.5
|
346,185.6
|
420,363.3
|
465,367.9
|
547,005.3
|
2). Industri Tekstil, Barang dari Kulit dan
Alas Kaki
|
71,474.1
|
77,087.2
|
90,116.5
|
93,598.4
|
104,829.7
|
116,547.0
|
124,204.2
|
143,385.2
|
3). Industri Kayu dan Produk Lainnya
|
31,225.9
|
35,247.5
|
44,602.6
|
54,880.9
|
73,196.2
|
80,197.9
|
80,541.6
|
84,481.4
|
4). Industri Produk Kertas dan Percetakan
|
31,036.3
|
33,898.8
|
39,637.0
|
45,403.1
|
51,912.3
|
61,154.6
|
65,822.2
|
69,407.6
|
5). Industri Produk Ppuk, Kimia dan Karet
|
64,012.6
|
76,213.6
|
94,078.8
|
110,769.6
|
154,117.2
|
162,879.2
|
176,212.4
|
189,700.0
|
6). Industri Produk Semen dan Penggalian
Bukan Logam
|
21,588.3
|
24,589.1
|
29,013.3
|
32,814.3
|
40,178.7
|
43,530.7
|
45,514.5
|
50,790.5
|
7). Industri Logam Dasar Besi dan Baja
|
16,154.6
|
18,382.7
|
20,687.0
|
22,907.7
|
29,213.1
|
26,806.6
|
26,853.9
|
31,101.1
|
8). Industri Peralatan, Mesin dan
PerlengkapanTransportasi
|
145,971.3
|
172,957.1
|
209,460.1
|
254,278.4
|
329,911.7
|
346,403.0
|
389,600.1
|
426,899.4
|
9). Produk Industri Pengolahan Lainnya
|
5,062.4
|
5,791.3
|
7,111.1
|
7,576.7
|
9,125.6
|
9,818.1
|
10,523.6
|
11,278.4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Listrik, Gas & Air Bersih
|
23,730.3
|
26,693.8
|
30,354.8
|
34,723.8
|
40,888.6
|
46,680.0
|
49,119.0
|
55,700.6
|
a. Listrik
|
17,503.2
|
19,175.1
|
21,203.5
|
23,051.5
|
25,858.6
|
28,416.7
|
30,450.3
|
35,397.7
|
b. Gas
|
3,092.3
|
3,897.7
|
5,036.1
|
6,912.0
|
9,817.0
|
13,027.5
|
13,353.7
|
14,650.3
|
c. Air Bersih
|
3,134.8
|
3,621.0
|
4,115.2
|
4,760.3
|
5,213.0
|
5,235.8
|
5,315.0
|
5,652.6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Konstruksi
|
151,247.6
|
195,110.6
|
251,132.3
|
304,996.8
|
419,711.9
|
555,192.5
|
660,890.5
|
756,537.3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. Perdagangan, Hotel & Restoran
|
368,555.9
|
431,620.2
|
501,542.4
|
592,304.1
|
691,487.5
|
744,513.5
|
882,487.2
|
1,022,106.7
|
a. Perdagangan Besar dan Eceran
|
287,553.5
|
338,667.2
|
393,047.4
|
468,734.3
|
551,343.7
|
586,111.8
|
703,565.8
|
826,183.3
|
b. Hotel
|
12,685.4
|
14,146.9
|
16,074.2
|
17,320.4
|
18,900.3
|
20,781.5
|
23,876.6
|
26,302.0
|
c. Restoran
|
68,317.0
|
78,806.1
|
92,420.8
|
106,249.4
|
121,243.5
|
137,620.2
|
155,044.8
|
169,621.4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. Pengangkutan dan Komunikasi
|
142,292.0
|
180,584.9
|
231,523.5
|
264,263.3
|
312,190.2
|
353,739.7
|
423,165.3
|
491,240.9
|
a. Pengangkutan
|
88,310.3
|
110,157.3
|
142,770.0
|
149,973.5
|
171,246.8
|
182,908.2
|
217,311.2
|
254,427.0
|
1). Angkutan Rel
|
1,218.8
|
1,238.3
|
1,355.4
|
1,397.5
|
1,649.8
|
1,904.3
|
2,260.2
|
2,367.1
|
2). Angkutan Jalan Raya
|
43,161.9
|
58,133.0
|
81,270.6
|
85,183.4
|
100,500.4
|
103,527.9
|
121,863.0
|
140,603.6
|
3). Angkutan Laut
|
12,328.3
|
13,974.4
|
16,106.1
|
16,043.4
|
16,019.2
|
15,812.7
|
16,929.8
|
18,504.0
|
4). Angkutan Sungai, Danau &
Penyeberangan
|
3,233.0
|
3,881.9
|
4,487.5
|
4,655.9
|
5,570.3
|
6,206.5
|
6,912.7
|
7,634.8
|
5). Angkutan Udara
|
9,728.0
|
11,979.2
|
14,669.3
|
16,547.2
|
19,665.9
|
24,248.8
|
34,781.0
|
46,711.0
|
6). Jasa Penunjang Angkutan
|
18,640.3
|
20,950.5
|
24,881.1
|
26,146.1
|
27,841.2
|
31,208.0
|
34,564.5
|
38,606.5
|
b. Komunikasi
|
53,981.7
|
70,427.6
|
88,753.5
|
114,289.8
|
140,943.4
|
170,831.5
|
205,854.1
|
236,813.9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8. Keuangan, Real Estate & Jasa
Perusahaan
|
194,410.9
|
230,522.7
|
269,121.4
|
305,213.5
|
368,129.7
|
405,162.0
|
466,563.8
|
534,975.0
|
a. Bank
|
78,533.7
|
88,287.4
|
95,708.4
|
105,536.8
|
125,515.4
|
132,186.0
|
146,914.5
|
166,489.8
|
b. Lembaga Keuangan Tanpa Bank
|
16,647.1
|
20,808.7
|
26,778.9
|
32,581.5
|
41,753.2
|
49,220.3
|
59,201.4
|
70,550.7
|
c. Jasa Penunjang Keuangan
|
1,286.1
|
1,581.3
|
2,011.1
|
2,490.1
|
2,807.1
|
3,001.3
|
3,481.1
|
4,072.9
|
d. Real Estat
|
66,106.8
|
81,474.3
|
97,396.9
|
110,239.9
|
132,023.6
|
145,260.7
|
168,220.6
|
191,779.2
|
e. Jasa Perusahaan
|
31,837.2
|
38,371.0
|
47,226.1
|
54,365.2
|
66,030.4
|
75,493.7
|
88,746.2
|
102,082.4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9. Jasa-jasa
|
236,870.3
|
276,204.2
|
336,258.9
|
398,196.7
|
481,848.3
|
574,116.5
|
654,680.0
|
783,330.0
|
a. Pemerintahan Umum
|
121,129.4
|
135,132.8
|
167,799.7
|
205,343.9
|
257,547.7
|
318,580.8
|
354,155.4
|
432,144.9
|
1). Administrasi Pemerintahan dan
Pertahanan
|
75,271.7
|
83,795.6
|
103,508.8
|
124,760.3
|
157,726.9
|
195,129.7
|
216,989.4
|
266,164.1
|
2). Jasa Pemerintahan Lainnya
|
45,857.7
|
51,337.2
|
64,290.9
|
80,583.6
|
99,820.8
|
123,451.1
|
137,166.0
|
165,980.8
|
b. Swasta
|
115,740.9
|
141,071.4
|
168,459.2
|
192,852.8
|
224,300.6
|
255,535.7
|
300,524.6
|
351,185.1
|
1). Jasa Sosial Kemasyarakatan
|
38,852.4
|
48,678.5
|
58,182.9
|
69,968.5
|
83,834.5
|
97,489.3
|
114,237.6
|
134,726.8
|
2). Jasa Hiburan dan Rekreasi
|
7,605.2
|
8,739.4
|
10,172.3
|
11,293.2
|
13,027.7
|
14,806.6
|
17,345.0
|
20,455.7
|
3). Jasa Perorangan dan Rumah tangga
|
69,283.3
|
83,653.5
|
100,104.0
|
111,591.1
|
127,438.4
|
143,239.8
|
168,942.0
|
196,002.6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Produk Domestik Bruto
|
2,295,826.2
|
2,774,281.1
|
3,339,216.8
|
3,950,893.2
|
4,948,688.4
|
5,606,203.4
|
6,436,270.8
|
7,427,086.1
|
Produk Domestik Bruto Tanpa Migas
|
2,083,077.9
|
2,458,234.3
|
2,967,040.3
|
3,534,406.5
|
4,427,633.5
|
5,141,414.4
|
5,936,237.8
|
6,794,373.4
|
ANALISIS
Dari
table diatas pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat dilihat dari Product Domestic
Bruto dan konsumsi + saving, pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat dikatakan
cukup baik. Pendapatan Indonesia terbesar masih dalam bidang perindustrian dan
infrastruktur sedangkan tingkat konsumsi Indonesia yang terbesar masih
didominasi dalam bidang Migas dan SDA lainya.
Menurut Laporan Tren Sosial dan Ketenagakerjaan di Indonesia 2011
yang diterbitkan International Labour Organization menyebutkan Indonesia mampu
mengatasi krisis keuangan global secara lebih baik dibandingkan negara tetangga
lainnya.
Hal itu terutama dikarenakan
tingginya konsumsi rumah tangga dan peningkatan investasi di Indonesia.
Konsumsi rumah tangga adalah sebesar 56,6% dari PDB (product domestic bruto)
pada 2010, sedangkan investasi meningkat 5,9% setiap tahun, yaitu dari
2008–2010.
Menurut perkiraan Organisation for
Economic Co-operation and Development (OECD), pertumbuhan ekonomi di Indonesia
diperkirakan juga meningkat beberapa tahun mendatang. “Peningkatan itu akan
mencapai tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 6,6% per tahun antara 2012
hingga 2016,” tulis laporan ILO hari ini.
Dalam laporan tersebut dipaparkan
kegiatan ekonomi di Indonesia masih terkonsentrasi di Pulau Jawa. Pada 2010,
tidak kurang dari 61% nilai tambah berasal dari Pulau Jawa, sedangkan kombinasi
Pulau Sumatera dan Jawa memberi kontribusi lebih dari 82% dari total PDB
nasional.
Sementara itu, untuk
provinsi-provinsi di kawasan Indonesia Timur masih jauh tertinggal dari
pusat-pusat perekonomian tersebut. “Dibutuhkan adanya intervensi kebijakan yang
tepat di tingkat daerah untuk mewujudkan pertumbuhan yang inklusif dan
menghasilkan banyak lapangan kerja,” ungkap laporan itu.
Selain itu, dibutuhkan intervensi
kebijakan karena adanya desentralisasi pembuatan kebijakan dan kondisi sosio
ekonomi yang sangat berbeda dari satu provinsi dengan provinsi lain di
Indonesia.
Kemungkinan terburuk ketika terjadi
inflasi yang sangat membengkak dari tingkat konsumsi yang tinggi dan saving
rendah serta pendapatan yang defisit, maka lamgkah yang harus ditempuh adalah sebagai
berikut,,
1. Kebijakan Moneter
Kebijakan moneter adalah kebijakan
yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan nasional dengan cara mengubah
jumlah uang yang beredar. Penyebab inflasi diantara jumlah uang yang beredar
terlalu banyak sehingga dengan kebijakan ini diharapkan jumlah uang yang
beredar dapat dikurangi menuju kondisi normal agar mata uang indonesia tidak
terlalu rendah dibandingkan negara lain.
Kebijakan moneter dapat dilakukan
melalui instrument-instrumen berikut:
• Politik diskoto (Politik uang
ketat): bank menaikkan suku bunga sehingga jumlah uang yang beredar dapat
dikurangi.Kebijakan diskonto dilakukan dengan menaikkan tingkat suku bunga yang
bertujuan mengurangi keinginan badan-badan pemberi kredit untuk mengeluarkan
pinjaman guna memenuhi permintaan pinjaman dari masyarakat. Akibatnya, jumlah
kredit yang dikeluarkan oleh badan-badan kredit akan berkurang, yang pada
akhirnya mengurangi tingat inflasi.
• Politik pasar terbuka: bank
sentral menjual obligasi atau surat berharga ke pasar modal untuk menyerap uang
dari masyarakat dan dengan menjual surat berharga bank sentral dapat menekan
perkembangan jumlah uang beredar sehingga jumlah uang beredar dapat dikurangi
dan laju inflasi dapat lebih rendah.Operasi pasar terbuka, biasa disebut dengan
kebijakan uang ketat, dilakukan dengan menjual surat-surat berharga, seperti
obligasi negara, kepada masyarakat dan bank-bank. Akibatnya, jumlah uang
beredar di masyarakat dan pemberian kredit oleh badan-badan kredit (bank)
berkurang, yang pada akhirnya dapat mengurangi tekanan inflasi.
• Peningkatan cash ratio:Kebijakan
persediaan kas artinya cadangan yang diwajibkan oleh Bank Sentral kepada
bank-bank umum yang besarnya tergantung kepada keputusan dari bank
sentral/pemerintah. Dengan jalan menaikan perbandingan antara uang yang beredar
dengan uang yang mengendap di dalam kas mengakibatkan kemampuan bank untuk
menciptakan kredit berkurang sehingga jumlah uang yang beredar akan berkurang.
Menaikkan cadangan uang kas yang ada di bank sehingga jumlah uang bank yang
dapat dipinjamkan kepada debitur/masyarakat menjadi berkurang. Hal ini berarti
dapat mengurangi jumlah uang yang beredar.
2. Kebijakan Fiskal
Kebijakan Fiskal adalah kebijakan
yang berhubugan dengan finansial pemerintah. Kebijakan fiskal dapat dilakukan
melalui instrument berikut:
• Menghitung dam mengatur penerimaan
dan pengeluaran pemerintah, sehingga antara pengeluaran dan pendapatan dapat
diseimbangkan agar tidak terjadi tingkat inflasi yang tinggi.
• Menaikkan pajak. Dengan menaikkan
pajak, konsumen akan berkurang jumlah pendapatan masyarakat, sehingga apabila
pendapatan berkurang akibat potongan pajak sehingga dapat berkurang pula
tingkat konsumsi dan daya beli mas, sehingga apabila pendapatan berkurang
akibat potongan pajak sehingga dapat berkurang pula tingkat konsumsi dan daya
beli masyarakat sehingga berkurangnya inflasi
3. Kebijakan Non Moneter
Kebijakan nom moneter adalah
kebijakan yang tidak berhubungan dengan finansial pemerintah maupun jumlah uang
yang beredar, cara ini merupakan langkah alternatif untuk mengatasi inflasi.
Kebijakan non moneter dapat dilakukan melalui instrument berikut:
• Mendorong agar pengusaha menaikkan
hasil produksinya.
Cara ini cukup efektif mengingat inflasi disebabkan oleh kenaikan jumlah barang konsumsi tidak seimbang dengan jumlah uang yang beredar. Oleh karena itu pemerintah membuat prioritas produksi atau memberi bantuan (subsidi) kepada sektor produksi bahan bakar.Sehingga bila BBM naik maka keinginan masyarakat untuk membeli barang mewah berkurang
Cara ini cukup efektif mengingat inflasi disebabkan oleh kenaikan jumlah barang konsumsi tidak seimbang dengan jumlah uang yang beredar. Oleh karena itu pemerintah membuat prioritas produksi atau memberi bantuan (subsidi) kepada sektor produksi bahan bakar.Sehingga bila BBM naik maka keinginan masyarakat untuk membeli barang mewah berkurang
• Menekan tingkat upah.
tidak lain merupakan upaya menstabilkan upah/gaji, dalam pengertian bahwa upah tidak sering dinaikan karena kenaikan yang relatif sering dilakukan akan dapat meningkatkan daya beli / menambah keinginan dan pada akhirnya akan meningkatkan permintaan terhadap barang-barang(Surplus) secara keseluruhan dan pada akhirnya akan menimbulkan inflasi.
tidak lain merupakan upaya menstabilkan upah/gaji, dalam pengertian bahwa upah tidak sering dinaikan karena kenaikan yang relatif sering dilakukan akan dapat meningkatkan daya beli / menambah keinginan dan pada akhirnya akan meningkatkan permintaan terhadap barang-barang(Surplus) secara keseluruhan dan pada akhirnya akan menimbulkan inflasi.
• Pemerintah melakukan pengawasan
harga dan sekaligus menetapkan harga maksimal.
• Pemerintah melakukan distribusi
secara langsung.
Dimaksudkan agar harga tidak terjadi kenaikan, hal ini seperti yang dilakukan pemerintah dalam menetapkan harga tertinggi (harga eceran tertinggi/HET). Pengendalian harga yang baik tidak akan berhasil tanpa ada pengawasan. Pengawasan yang tidak baik biasanya akan menimbulkan pasar gelap. Untuk menghindari pasar gelap maka distribusi barang harus dapat dilakukan dengan lancar, seperti yang dilakukan pemerintah melalui Bulog atau operasi pasar yang dilakukan pemerintah sesuai waktu yang ditetapkan.
Dimaksudkan agar harga tidak terjadi kenaikan, hal ini seperti yang dilakukan pemerintah dalam menetapkan harga tertinggi (harga eceran tertinggi/HET). Pengendalian harga yang baik tidak akan berhasil tanpa ada pengawasan. Pengawasan yang tidak baik biasanya akan menimbulkan pasar gelap. Untuk menghindari pasar gelap maka distribusi barang harus dapat dilakukan dengan lancar, seperti yang dilakukan pemerintah melalui Bulog atau operasi pasar yang dilakukan pemerintah sesuai waktu yang ditetapkan.
• Penanggulangan inflasi yang sangat
tinggi ditempuh dengan cara melakukan pemotongan nilai mata uang.disebut dengan
Kebijakan sanering antara lain:
· Penurunan nilai uang
· Pembekuan sebagian simpanan pada
bank – bank dengan ketentuan bahwa simpanan yang dibekukan akan diganti menjadi
simpanan jangka panjang oleh pemerintah.
Senering ini pernah dilakukan oleh pemerintah pada tahun 1960-an pada saat inflasi mencapai 650%. Pemerintah memotong nilai mata uang pecahan Rp. 1.000,00 menjadi Rp. 1,00.
Senering ini pernah dilakukan oleh pemerintah pada tahun 1960-an pada saat inflasi mencapai 650%. Pemerintah memotong nilai mata uang pecahan Rp. 1.000,00 menjadi Rp. 1,00.
• Kebijakan yang berkaitan dengan
output. Kenaikan output dapat memperkecil laju inflasi. Kenaikan jumlah output
ini dapat dicapai misalnya dengan kebijakan penurunan bea masuk sehingga impor
barang cenderung meningkat. Bertambahnya jumlah barang di dalam negeri
cenderung menurunkan harga.
• Kebijakan penentuan harga dan
indexing. Ini dilakukan dengan penentuan ceiling price.
• Devaluasi adalah penurunan nilai
mata uang dalam negeri terhadap mata uang luar negeri. Jika hal tersebut
terjadi biasanya pemerintah melakukan intervensi agar nilai mata uang dalam
negeri tetap stabil. Istilah devaluasi lebih sering dikaitkan dengan menurunnya
nilai uang satu negara terhadap nilai mata uang asing. Devaluasi juga merujuk
kepada kebijakan pemerintah menurunkan nilai mata uang sendiri terhadap mata
uang asing.
Namun itu hanya langkah-langkah yang
harus pemerintah lakukan ketika kita bangsa Indonesia mengalami level terburuk
perekonomiannya.
0 komentar:
Posting Komentar